Mendengarkan Celotehan Ahlul Bid’ah Dalam Kultum Ramadhan

Penulis : Abu Harun As Salafy

Adalah Muhammad ibnu Sirin Rahimahullah berkata, “Ilmu itu agama, maka perhatikan dari mana kalian mengambil agama kalian” pernyataan ini mirip sama dengan apa yang dikatakan salafus shalih lainnya karena ini perkataan emas bagi para penuntut ilmu untuk mendengarkan kajian dan mengambil ilmu dari sumber yang shahih.

Demikian pula Ibnu Umar Radiyallahu anhuma berkata,”Berhati-hatilah terhadap agamamu, sebab dia adalah darah dagingmu. Lihatlah dari mana kamu mengambilnya. Ambillah dari orang istiqomah dan janganlah mengambil dari orang yang menyeleweng.” (Al Kifayah, hal 121).

Dan bulan Ramadhan ini menjadi ajang bagi semua masjid untuk memberi nasihat kepada kaum Muslimin, di antara da’i yang mengisi bisa jadi adalah seorang mubtadi’, Hizbiy, Surury, dan Salafy.

Seorang mubtadi’ ketika menyampaikan kultum seringkali berdalil dengan hadits- hadits dhaif dan maudhu’. Apalagi kalau ia seorang Shufi, wuih bisa dibumbui dengan cerita-cerita khurafat. Adapun seorang hizbiy dan Surury terkadang penyampaiannya adalah sesuai dengan kebenaran namun manhaj yang bercampur aduk pada dirinya menjadikan hati manusia yang lemah bisa ikut terpesona hingga mengikuti dirinya dalam belenggu hizbiyyah dan fitnah Sururiyah

Maka dari itu jalan yang selamat adalah mencari masjid yang tidak ada kultumnya. Atau Sholat Isya dan Tarawih berjamaah di masjid, dan ketika kultum dimulai imma pulang wa imma keluar menuju teras masjid untuk membaca Al Quran.

Wallahu a’lam

Sumber : http://sunniy.wordpress.com/

Iklan
Published in: on 31 Agustus 2010 at 07:21  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://adealam.wordpress.com/2010/08/31/mendengarkan-celotehan-ahlul-bidah-dalam-kultum-ramadhan/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: